You are here
Home > InfoPedia

Fix, Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan Timur

ibu kota baru
Bagikan :

Pojoksiana.com – Wacana pemindahan ibu kota negara semakin terang. Jika sebelumnya diketahui ada dua calon lokasi ibu kota negara, yaitu Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro menjelaskan calon ibu kota negara harus berada di tengah-tengah. Lokasinya di antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

“Kita akan mencari lokasi di tengah, Antara Kalimantan dan Sulawesi dan kita harus pikirkan, Kalimantan Timur atau Sulawesi Barat,” kata Bambang di kantor Bappenas, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil menyebut ibu kota baru akan pindah ke Kalimantan Timur. Tapi lokasi pastinya masih rahasia, Kamis (22/8/2019)

Sofyan mengklaim sampai kini lokasi pasti Ibu Kota Negara baru masih belum diputuskan. Pemerintah akan mengumumkan jika sudah ada keputusan. “Di Kalimantan timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum,” kata Sofyan Djalil di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta

Foto: foto/ Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu kota Negara (Dok: PUPR)


Dibutuhkan lahan seluas 3.000 hektar untuk pembangunan tahap pertama. Sementara luas dan untuk tahap selanjutnya 200-300 ribu Ha.

Kota ini akan jadi kota menarik untuk dihidupi. Taman kota indah akan dibuat sehingga banyak orang bisa hidup sehat dengan udara bersih.

Diketahui, sebelumnya presiden Jokowi telah menyatakan bahwa rencana pemindahan ibu kota di Pulau Kalimantan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pemerintah merincikan, setidaknya akan dibutuhkan biaya sekitar Rp323 triliun sampai Rp466 triliun untuk membangun ibu kota baru itu.

Top