You are here
Home > Kabar

Penyusunan Kabinet Kerja Jokowi – Ma’ruf, tak Libatkan KPK

KPK
Bagikan :

POJOKSIANA.COM – Ada yang berbeda dari penyusunan kabinet kerja jokowi diperiode kedua ini. Jika periode 2014 lalu, Jokowi meminta masukan KPK saat memilih calon menteri yang akan membatunya di kabunet.

Kali ini, Jokowi tidak lagi meminta saran dari KPK terkait hal tersebut. Hal itu di sampaikan Laode M Syarif, wakil ketua KPK di gedung KPK Senin (14/10/2019). Pemilihan menteri merupakan hak prerogatif Presiden. Namun kita tetap berharap semoga yang dipilih merupakan nama-nama yang cakap berintegritas dan memiliki rekap jejak yang baik.

Meskipun periode sebelumnya, KPK terlibat dalam penyusunan kabinet, bukan berarti kabinet kerja Jokowi – JK bebas dari kasus korupsi. Sebab diketahui saat ini sudah dua nama menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK yang terjerat kasus di KPK. Kedua menteri itu yakni eks Menteri Sosial Idrus Marham dan eks Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Diketahui bahwa Presiden Jokowi telah menyatakan susunan kabinetnya bersama Ma’ruf Amin sudah hampir rampung. Ia mengatakan nama-nama menteri yang akan membantunya di periode kedua akan diumumkan di hari pelantikan atau sehari setelah pelantikan yaitu Senin (21/10/2019)

***

Top